cool hit counter

PDM Kabupaten Purworejo - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kabupaten Purworejo
.: Home > Berita > Khotimatun Susanti: Hegemoni Merekontruksi Perempuan Tidak Boleh Memimpin

Homepage

Khotimatun Susanti: Hegemoni Merekontruksi Perempuan Tidak Boleh Memimpin

Sabtu, 12-05-2018
Dibaca: 143

 

               Khotimatun Susanti, Ketua PP Nasyiatul 'Aisyiyah Bidang Kemasyarakatan saat menyampaikan materi Silaturahim

               IMMawati DPD IMM Jateng (11/5). Foto: Andi

 

 

PURWOREJO– Ketua Pimpinan Pusat Nasyiatul ‘Aisyiah Bidang Kemasyarakatan, Khotimatun Susanti menganggap bahwa tidak banyaknya perempuan yang hari ini tampil diruang publik bahkan duduk menjadi level pimpinan tertinggi parlemen karena faktor hegemoni. Pernyataan ini disampaikan dalam Silaturahim Daerah IMMawati DPD IMM Jawa Tengah yang membahas materi “Kepemimpinan Perempuan”, pada (11/5) di Universitas Muhammadiyah Purworejo.

 

“Kenapa perempuan susah menduduki pimpinan tertinggi, adalah penyebab utamanya adalah soal hegemoni. Bahwa perempuan tidak bisa memimpin sudah dikonstruksi kan sejak dulu bahkan hingga saat ini. Hegenomi ini bahkan sudah masuk kedalam ranah-ranah yang mengasilkan kebijakan,” Ungkapnya.

 

Atas dasar itulah Khotimatun Susanti menganggap bahwa perempua hari ini masih terhambat soal kepemimpinan. Padalah perempuan hari ini sudah sedikit di isitimewakan kepemimpinannya dengan hadirnya quota 30% di parlemen yang menuntut adanya perempuan diruang publik.

 

Dengan problem ini tentu IMMawati sebagai perempuan muda Muhammadiyah dikalangan mahasiswa harus mengampil peranan perempuan untuk tampil di ranahh publik, karena sejak awal Muhammadiyah lewat pendirinya KH Ahamad Dahlan sudah menyerukan perempuan untuk duduk setingkat diranah publik, “Ungkapnya.

 

Bahkan dalam buku Adabul Mar’ah Fil Islam yang di susun dan diterbitkan oleh Majelis Tarjih PP Muhammadiyah 1982, Muhammadiyah sudah punya sikap dalam kepemimpinan perempuan yag mengatur soal pertama, peragulan perempuan didalam rumah tangga. Kedua, pergaulan di dalam masyarakat dan ketiga, pergaulan (dalam masa pendidikan) di sekolah.”Ungakapnya.


Tags: PP Nasyiatul 'Aisyiyah, DPD IMM Jawa Tengah, IMM Jawa Tengah, Silaturahim IMMawati Jawa Tengah, IMMawati
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori: Nasional



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website