cool hit counter

PDM Kabupaten Purworejo - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kabupaten Purworejo
.: Home > Berita > Mahasiswa Purworejo Olah Kulit Jagung Jadi Masker Wajah Alami

Homepage

Mahasiswa Purworejo Olah Kulit Jagung Jadi Masker Wajah Alami

Senin, 03-06-2019
Dibaca: 147

 

 

 

Purworejo - Kulit jagung yang biasanya hanya berakhir menjadi bahan bakar dapur atau limbah yang kurang bermanfaat, di tangan mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Purworejo dapat diolah menjadi produk kosmetik masker wajah alami. Produk ini dikenal dengan nama “MAS LUTUNG” yang merupakan akronim dari “Masker Kulit Jagung”. Khasiatnya adalah dapat meningkatkan regenerasi kulit wajah sehingga dapat mencegah penuaan dini, yang merupakan masalah banyak orang, khususnya wanita.

 

Produk ini merupakan hasil kreativitas mahasiswa Purworejo dalam ajang Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2019 yang lolos didanai oleh KEMENRISTEK Dikti. Mereka adalah Desmita Ratriana (ketua tim), Sri Indah Wahyuningsih (sekretaris), Epi Triwati (bendahara), Abdul Muhaimin (bagian marketing), dan Bagus Suryo Kusumo (bagian promosi), serta Riawan Yudhi Purwokosebagai pembimbingnya. Mereka mengolah kulit jagung dengan cara yang sangat istimewa. Siapa sangka, kulit jagung yang jarang terpikirkan oleh masyarakat untuk dimanfaatkan, dapat diubah menjadi produk perawatan wajah yang memiliki nilai ekonomi tinggi.

 

Kulit jagung diolah menjadi masker wajah memiliki kandungan dan khasiat yang sangat baik untuk wajah. Dengan kombinasi biji jagung dan bahan lainnya. Selain dapat meningkatkan regenerasi kulit, MAS LUTUNG juga dapat mengangkat komedo, membuat wajah menjadi semakin halus, sehingga dapat mengembalikan kecantikan kulit wajah. Bahan lain yang dimaksud hanya ada dua, yaitu gelatin dan minyak zaitun yang diketahui berkhasiat baik untuk kulit wajah dan dapat menetralisasi aroma dari kulit jagung.

 

Banyaknya petani Purworejo yang menghasilkan jagung, dimana kebanyakan dari mereka hanya dapat memanfaatkan dengan maksimal biji jagungnya saja. Hal ini tentu saja dapat mendukung kelestarian Purworejo dengan mengurangi limbah kulit jagung yang kemudian dijadikan produk masker wajah alami yang diminati oleh banyak orang. Sehingga ini seharusnya dapat menjadi motivasi bagi para pemuda untuk tidak berhenti berkreasi dan memberi manfaat bagi masyarakat.


Tags: kulit jagung, masker, mas lutung, masker kulit
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori: kesehatan, kecantikan, ekonomi, pertanian



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website