cool hit counter

PDM Kabupaten Purworejo - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kabupaten Purworejo
.: Home > Berita > ITANUS, Inovasi Peredam Bunyi pada Sound System

Homepage

ITANUS, Inovasi Peredam Bunyi pada Sound System

Rabu, 18-06-2019
Dibaca: 167

 

 

Purworejo - Getah pinus merupakan salah satu Hasil Hutan Bukan Kayu (HHBK) yang dapat diolah menjadi gondorukem dan terpentin.Limbah getah pinus ada yang berupa getah dan ada pula yang berupa serbuk-serbuk kayu ( limbah kering). Limbah getah pinus yang berupa serbuk kayu atau limbah kering  tersebut dapat menjadi bahan dasar dalam pembuatan papan partikel. Hal ini belum termanfaatkan dengan baik. Sehingga, mengusik sekelompok mahasiswa Pendidikan Fisika Universitas Muhammadiyah Purworejo (P.Fis UMP) memanfaatkan limbah getah pinus menjadi papan partikel yang dapat digunakan sebagai alternatif peredam bunyi pada pembuatan sound sistem.

 

Papan partikel adalah salah satu bentuk dari papan tiruan dengan bahan dasar partikel kayu (serbuk kayu gergajian) menggunakan bahan penolong atau perekat, di press panas dan dingin sehingga berbentuk lembaran yang memiliki ukuran tertentu sesuai fungsi dan kegunaanya.

 

“Keunggulan papan partikel antara lain memiliki kesetabilan dimensi yang baik, dapat menghasilkan bidang yang luas, pengerjaannya cukup mudah dan cepat, mudah di finishing serta bisa dilapisi dengan bahan dari kayu atau kertas dekor (finir) dan inilah mengapa kami tergerakkan untuk memanfaatkannya menjadi peredam dalam sound sistem,” ungkap Titin Dwi Kurniawati Ketua Program kreativitas.

 

Inovasi berkaitan dengan papan partikel ini dituangkan dalam proposal Program Kreativitas Mahasiswa Karsa Cipta dan dinyatakan lolos pendanaan pada 2018 lalu dengan menggunakan judul ITANUS (Inovasi Limbah Getah Pinus sebagai Bahan Dasar Pembuatan Papan Partikel menjadi Alternatif Peredam Bunyi pada Sound System. Dalam pelaksanaannya, tim program terdiri dari Titin Dwi Kurniawati, Sintya Delisa dan Nurul Tri Rahayu yang keseluruhannya berasal dari Program Studi Pendidikan Fisika UMP dengan dosen pembimbing yakni Eko Setyadi Kurniawan.

 

ITANUS merupakan salah satu produk olahan dari limbah getah pinus menjadi papan partikel. Papan partikel merupakan salah satu produk papan tiruan yang banyak digunakan oleh masyarakat sebagai pengganti kayu yang ketersediaannya semakin terbatas. Jadi dalam inovasi ini, papan partikel dibuat dengan berbahan dasar limbah penyulingan getah pinus. Papan partikel dari limbah getah pinus inilah yang akan digunakan untuk sound system.

 

“Papan partikel ini biasanya dipakai untuk membuat lemari, meja dan perabot rumah tangga lainnya, tetapi kita disini akan mewujudkan suatu alternatif papan partikel berbahan dasar limbah getah pinus yang ramah lingkungan yang nantinya akan diuji sebagai alternatif alat peredam suara pada sound system,”ungkap Titin Dwi.


Tags: sound system, peredam bunyi, getah pinus
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori: teknologi, karsa cipta



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website