cool hit counter

PDM Kabupaten Purworejo - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kabupaten Purworejo
.: Home > Berita > Ajak Pemuda Peduli Lingkungan, MAPASURI UMP Gelar LLAM 2018

Homepage

Ajak Pemuda Peduli Lingkungan, MAPASURI UMP Gelar LLAM 2018

Senin, 23-04-2018
Dibaca: 257

 Para juara dalam Kompetisi yang diadakan Unit Kegiatan Masiswa Pecinta Alam Surya Rimba UMP (23/4)

Foto: Akhmad Musdani. 

 

PURWOREJO – Turut serta memperingati Hari Bumi yang jatuh pada tiap tahunnya pada 22 April, Unit Kegiatan Mahasiswa Mahasiswa Pecinta Alam Surya Rimba Universitas Muhammadiyah Purworejo (UKM MAPASURI UMP) menggelar rangkaian Lomba Lintas Alam MAPASURI 2018 (LLAM  2018) yang memperebutkan piala gubernur pada Jumat-Ahad (20-22/4) di Komplek Halaman Kampus Barat UM Purworejo dan Kawasan Hutan Kota Geger Menjangan Purworejo. Disampaikan Selvie Isna Rojikin Ketua Panitia bahwasanya agenda ini juga sekaligus guna tingkatkan kepedulian terhadap budaya dan kelestarian alam.

 

“Digelarnya rangkaian acara ini sebagai upaya kami mengajak para pemuda untuk terus tingkatkan kepedulian terhadap budaya dan kelestarian alam di sekitar kita. Terkhusus peserta disini komunitas pecinta alam bisa terus menjadi salah satu pelopor dalam mendukung hal tersebut,”ujar Selvie Isna R.

 

Lanjutnya, kompetisi ini diawali dengan rangkaian lomba untuk siswa PAUD se-Purworejo dengan bentuk lomba mewarnai dan finger painting pada Jumat (20/4). Diteruskan pada hari selanjutnya dengan penampilan musik serta diramaikan dengan adanya Expo UMKM yang di sekitaran halaman. Lomba lintas alam dilaksanakan pada Ahad (22/4) dengan diikuti oleh 58 tim dengan masing tim terdiri dari 3 orang yang dengan nominasi umum dan pelajar berasal dari wilayah Jawa Tengah dan DIY.  

 

“Harapan kami melalui kegiatan ini bisa jadi bahan pembelajaran pengurus UKM dalam berkreasi program kegiatan yang dapat turut serta memajukan MAPASURI dan almamater UMP pada umumnya. LLAM ini telah beberapa kali dilaksanakan hanya pada beberapa waktu belakang sempat vakum belum terlaksana. Setelah lama terhenti direncanakan ke depannya agenda ini akan dilaksanakan 2 tahun sekali,”tambah Aldy Riyaldi Ketua UKM MAPASURI UMP.

 

Ditambahkan dalam sambutannya, Istiqo Agus Wicaksono, S.P., M.Sc. Wakil Rektor 3 Bidang Kemahasiswaan mengharapkan kepada peserta yang merupakan calon penerus estafet kepemimpinan pembangunan bangsa yang akan datang untuk terus menggali ilmu tuk dapat melanjutkan proses pembangunan yang berkelanjutan. “Momen ini sangat penting bisa jadi ajang berjejaring, sharing pengetahuan terkait pengelolaan lingkungan. Ketika lingkungan bagus tertata dari sana dapat dimunculkan objek wisata berbasis alam atau Ekowisata. Dimana selain berolahraga berwisata dapat menikmati keindahan alam. Sehingga ke depan akan dapat dukung Romansa Purworejo tahun 2020,”tambahnya.

 

Peserta akan melalui rute dengan jarak kurang lebih 17 km-an terbagi dalam 3 pos yang masing-masing terdapat penugasan yakni penanaman pohon, kerjakan soal dan observasi. Pemberangkatan peserta LLAM diberangkatkan secara langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Purworejo Dr. H. Ahmad Kasinu, MM. Beliau menyampaikan atas nama pemerintahan daerah mengapresiasi terlaksananya agenda lomba ini dengan baik yang mana menyentuh pelajar dan pemuda dengan kegiatan-kegiatan yang positif.

 

“Ini merupakan kegiatan yang sangat positif dengan mengajak pelajar dan pemuda untuk turut peduli melestarikan alam  dan kebudayaan. Paling tidak melalui kegiatan ini peserta dapat bersilaturahmi dan menyerap ilmu baru. Bersilaturahmi dapat dipanjangkan umurnya, dimudahkan segala urusannya dan dilapangkan rezekinya. Mudah-mudahan dapat terus berlanjut dengan terus bersinergi melibatkan banyak pihak,”ungkapnya.

 

Setelah menyelesaikan rute yang ditentukan, peserta dihibur dengan tampilan musik dan kesenian tari khas kabupaten purworejo yakni tari dholalak yang ditampilkan dari kelompok kesenian Pragata Pituruh.

 

Adapun hasil kejuaraan Lomba Lintas Alam Mapasuri 2018

Tingkat umum putra :

a.       Juara 1 : PMB Rescue Purworejo (No. 11) dengan skor 762,85

b.      Juara 2 : Elang (No. 08) dengan skor 710,95

c.       Juara 3 : Cakar (No. 01) dengan skor 700,45

Tingkat umum putri :

a.       Juara 1 : Jackru Yogyakarta (No. 08) dengan skor 705,43

b.      Juara 2 : Green Flash-UNNES Semarang (No. 10) dengan skor 697,70

c.       Juara 3 : Metha Posa – IAIN Salatiga (No. 07) dengan skor 676,93.

Tingkat pelajar putra :

a.       Juara 1 : Crusher – SMAN 9 Semarang (No. 15) dengan skor 713,10

b.      Juara 2 : Gemapala B – SMAN 1 Purworejo (No. 17) dengan skor 711,10.

c.       Juara 3 : Stupa – SMKN 1 Magelang (No. 06) dengan skor 709,07

Tingkat pelajar putri :

a.       Juara 1 : Gemapala C  - SMAN 1 Purworejo (No. 12) dengan skor 818,75

b.      Juara 2 : Mahreen – SMK Penerbangan Adi Sucipto Yogyakarta (No. 01) dengan skor 703,48

c.       Juara 3 : Pals Mega 3 – SMK N 7 Purworejo dengan skor 699,07.

 


Tags: Peringatan Hari Bumi, Mapala Surya Rimba, Universitas Muhammadiyah Purworejo, Muhammadiyah Purworejo
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori: Daerah



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website