cool hit counter

PDM Kabupaten Purworejo - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kabupaten Purworejo
.: Home > Berita > Marshmellow dari Kulit Pisang Kreasi Mahasiswa Agribisnis UM Purworejo

Homepage

Marshmellow dari Kulit Pisang Kreasi Mahasiswa Agribisnis UM Purworejo

Selasa, 17-06-2019
Dibaca: 160

 

Purworejo - Kulit pisang merupakan bahan buangan yang cukup banyak jumlahnya. Pada umumnya kulit pisang belum dimanfaatkan secara nyata, hanya dibuang sebagai limbah organik saja atau digunakan sebagai makanan ternak seperti kambing, sapi, dan kerbau. Jumlah kulit pisang yang cukup banyak akan memiliki nilai jual yang menguntungkan apabila bisa dimanfaatkan sebagai bahan baku makanan.   

 

Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Purworejo memanfaatkan kulit pisang untuk diolah  menjadi bahan makanan  yaitu  Marshmellow. Produk ini kemudian di beri label MASKUPIS “Marshmellow Kulit Pisang” merupakan  ide dari Anisa Dewi Safitri (agribisnis),  Rani Indah Sari (agribisnis), Imas Patimah (agrbisnis) dan Murtirinatun (agribisnis). Menjadi camilan sehat tanpa bahan pengawet yang banyak disukai oleh semua  kalangan  masyarakat.

 

 

Kandungan senyawa kimia yang dikandung oleh kulit pisang sangat banyak sekali, bahkan penelitian terakhir menunjukkan bahwa ekstrak air kulit pisang kaya akan senyawa serotonin.Serotonin adalah neurotransmitter yang diperlukan tubuh kita terutama pada orang yang menderita depresi. Pada penderita depresi kadar serotonin berkurang hal ini dikarenakan aktivitas enzim monoamine oksidase yang terlalu kuat dalam menguraikan amin biogenik seperti serotonin ini. Kekurangan serotonin dapat dihilangkan dengan pemberian ekstrak air kulit pisang yang kaya akan senyawa serotonin.

 

Produk  Maskupis adalah salah  satu  kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa yang mendapatkan pendanaan dari  RISTEKDIKTI tahun 2019. Produk  ini mampu menjadi camilan sehat dengan harga yang cukup terjangkau bagi kalangan  masyarakat yaitu Rp. 10.000/pouch.

Disampaikan Anisa Dewi Safitri selaku ketua tim PKM dan  Arta Kusumaningrum selaku dosen pendamping TIM PKM MASKUPIS mengaku bahwa produk ini  sangat kreatif karena mampu mengubah kulit pisang menjadi bahan makanan.

“Produk  Marshmellow kulit pisang ini sangat kreatif dan ekonomis karena bahan utamanya kulit pisang,  yang   bisanya hanya digunakan untuk  makan ternak ini dibuat sebagai bahan  makanan,”ungkap Arta Kusumaningrum.


Tags: marsmelow, kulit pisang, camilan
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori: kuliner, kesehatan, jajanan



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website